Mencari Tempat Tinggal

 
Foto: Gedung Tempat Tinggal © Octafiandri Hodir

“Di manakah nanti saya akan tinggal dan bagaimana cara saya mendapatkan tempat tinggal?” Pertanyaan seperti ini pasti terbesit dalam benak kita ketika akan tinggal di Jerman. Kali ini saya menceritakan pengalaman saya tentang mencari tempat tinggal di Jerman secara online.

Perusahaan Properti Online

Saya mendapatkan tempat tinggal (apartement) yang saya tempati saat ini melalui sebuah perusahaan properti di Berlin secara online. Mulai dari pencarian tipe tempat tinggal, hingga proses sewa-menyewa semuanya dapat dilakukan secara online.

Tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti:
1. Formulir yang sudah diisi
2. Scan paspor yang masih berlaku
3. Scan kontrak kerja (bagi pekerja) dan bukti penerimaan kuliah (bagi mahasiswa)

Kurang dari seminggu setelah pendaftaran, saya mendapatkan surat balasan yang berisi harga sewa perbulan beserta informasi detail tentang unit tempat tinggal yang saya inginkan.

 
Foto: Tempat Tinggal Findri © Octafiandri Hodir

Masing-masing perusahaan properti biasanya memiliki berbagai segmen tempat tinggal mulai dari Pelajar/Mahasiswa, Pekerja, Keluarga dan juga bagi mereka yang sudah Lanjut Usia. Berbeda segmen dan lokasi, tentunya berbeda pula harga sewanya.

Di Jerman berlaku jam tenang pada pukul 13:00 sampai 15:00 dan juga pada pukul 22:00 hingga pukul 07:00 pagi. Selama jam tenang ini tidak diperbolehkan membuat kebisingan. Terlebih lagi bagi para mahasiswa yang terkenal selalu siap sedia berpesta siang dan malam.

Oleh karena itu penting bagi Perusahaan Properti untuk mengklasifikasikan siapa penyewanya. Apabila Anda tinggal dilingkungan keluarga, maka jangan harap kebisingan yang Anda buat dapat ditolelir. Tetangga Anda tidak akan segan-segan untuk menelepon Polisi!

Situs Pencarian Tempat Tinggal

Berbeda dengan mencari tempat tinggal melalui perusahaan properti, Anda akan berurusan langsung dengan pemilik tempat tinggal, yang biasanya adalah calon flatmate Anda.

Pemilik rumah akan memberikan informasi selengkap-lengkapnya kriteria seperti apa yang mereka cari dalam iklan yang mereka pasang. Anda dapat langsung menghubungi pemilik tempat tinggal, kemudian Anda diundang untuk melakukan wawancara kecil. Tentu saja calon flatmate Anda harus menyeleksi orang yang nantinya akan tinggal bersama. Bila Anda adalah kriteria yang dicari, Anda akan dihubungi kembali untuk melakukan proses sewa-menyewa.

 
Foto: Tempat Tinggal Findri © Octafiandri Hodir

Kriteria tempat tinggal ideal tentunya berbeda-beda bagi setiap orang. Saya sendiri lebih memilih tinggal di daerah yang tidak terlalu ramai dengan pemandangan yang cukup memanjakan mata.
Semoga pengalaman saya mencari tempat tinggal melalui internet dapat bermanfaat bagi Anda dan simak terus cerita saya selanjutnya ya!
-Findri-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar